Jumat, 12 Oktober 2012

SKL Kaidah Islam


NAMA ; HARI PURSANI
KELAS ; XII IPA 1 (MAN 1 PALU)



STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
2  .Memahami pengertian dan istilah-istilah Tauhid,macam-macam Tauhid                                                                                 serta perilaku rang yang bertauhid
KOMPETENSI DASAR
·         Menjelaskan pengertian Tauhid,ilmu kalam dan tauhid
·         Mengidentifikasi macam-m acamm Tauhid
·         Menunjukkan perilaku bertauhid
MATERI
Hakikat Tauhid
INDIKATOR SOAL
Ø  Pengertian Tauhid menurut bahasa berasal dari kata wahhada artinya mengesakan,menunggalkan.menurut  istilah yaitu mengesakan Allah dalam segala perbuatandan meyakini bahwa Dia sendirilah yang menciptakan,mengatur,serta menguasai alam semesta beserta isinya(rububiyah-Nya)serta menetapkan baginya nama-nama dan sifat-Nya.
Ø  Pengertian ilmu kalam secara harfiah berarti pembicaraan.menurut istilah yaitu ilmu yang membicarakan tentang wujud-wujud Allah,sifat-sifat yang wajib ada pada-Nya,sifat-sifat yang mustahil bagi-Nya,dan sifat-sifat yang mungkin ada pada-Nya.
Ø  Ushuluddin adalah sebutan lain dari ilm tauhid karena yang dibahas tentang masalah ketuhanan atau Teolog.selain itu karena pokok bahasannya meliputi persoalan-persoalan mendasar(ushul)didalam agama(din).

Ø  Uluhiyyah disebut juga ‘ubudiyyah,yakni keyakinan tentang keesaan Allah dalam Zat-Nya yang wajib disembah,dan segala amal manusia merupakan wujud pengabdian(ibadah)kepada Allah.
Ø  Rububiyyah yakni keyakinan tentang keesaan Allah dalam menciptakan dan memelihara alam semesta beserta isiny

Ø KISAH SITI MASYITHAH
   Siti Masyithah adalah sosok wanita yang berbudi dan pandai menjaga iman.Pada waktu raja fir’aun memaksa agar mengakui bahwa fir’aun itu adalah Tuhan,maka siti masyithah menolak degan menjawab bahwa Tuhannya dan Tuhan raja fir’aun adalah Allah,sang raja langsung murka sehingga siti masyithah dan anak-anaknya dibawa kesuati tempat.Di tempat tersebut dihadapkan kepada siti masyithah tungku dengan kuali raksasa berisi air yang mendidih.
    Kemudian sang raja memberikan dua pilihan,yaitu mengakui bahwa fir’aun adalah Tuhannya,dia akan dilempar ke dalam air yang mendidih bersama anak-anaknya.siti masyithah tetap kokoh dengan aqidahnya.hingga ia benar-benar dilempar ke dalam tungku yaang mendidih,maka seluruh keluarga masyithah mati sebagai syuhada pembela agama yang kokoh aqidahnya.

Ø KISAH ASHABUL KAHFI
    Kisah ashabul kahfi bermula di Rumania.ada tujuh orang pemuda yang di kejar-kejar oleh seorang raja zalim untuk dibunuh.Mereka dianggap sebagai perusak aqidah nenek moyang raja dan keturunannya.Ashabul kahfi itu lari mencari perlindungan untuk menyelamatkan diri dari kebiadaban sang raja.Raja tersebut bernama Diqyanus atau Decius.Mereka tertangkap oleh pasukan Raja Decius,dan dibawa menghadap raja untuk diadili.tapi raja tidak langsung memaksa mereka,Raja hanya memberikan waktu untuk menenangkan hati dan merubah pikiran.Tetapi jika sampai batas waktu yang ditentukan mereka masih berkeras hati,maka mereka akan dibinasakan.
  

      Ketujuh pemuda itu dilepaskan,kesempatan ini digunakan tujuh orang pemuda untuk berunding.Akhirnya mereka bersepakat untuk bersembunyi di Gua Gunung Yanjalus.Ditengah perjalanan mereka diikuti oleh seekor anjing,walau di usir berkali-kali,tetapi anjing itu tetap mengikuti mereka dan atas izin Allah,anjing itu dapat bicara,ia mengatakan bahwa ia akan ikut dan akan menjadi penjaga saat tidur mereka.
    Siang dan malam mereka selalu berdo’a,berpuasa dan wirid di dalam gua.
     Ketika pada batas waktu yang ditentukan ketujuh pemuda itu tidak memberikan jawaban,maka raja memerintahkan pasukannya untuk menangkap mereka.Saat pasukan raja tiba di gua,Allah menjadikan ketujuh pemuda itu tidur nyenyak tapi tak bergerak sedikitpun,seperti mati.Raja kemudian memerintahkan agar gua tersebut ditutup dengan batu besar .Raja mengira dengan cara demikian maka para pemuda itu akan mati.
    Setelah sekian lama mereka dibangunkan.mereka saling bertanya tentang berapa lama mereka tertidur.karena merasa lapar mereka lalu meminta Tamlikha turun ke kota untuk membeli makanan seperti biasa.
    Saat tiba di pasar,ia merasa kebingunan melihat suasana yang berbeda dari hari-hari sebelumnya.saat tamlikha akan membeli makanan,si penjual kaget karena uang yang dibawa tamlikha adalah uang kuno.kemudian tamlikha dibawa untuk menghadap raja,mula-mula ia takut,tetapi setelah di ceritakan bahwa  rajanya adalah orang yang beriman kepada Allah,maka ia bersedia.lalu ia menceritakan tentang dirinya dan teman-temannya dihadapan raja.dan tamlikha sangat kaget ketika diberitahu bahwa ia tertidur selama 309 tahun.peristiwa itu membuat geger penduduk dan peristiwa tersebut menjadikan penduduk semakin bertambah keyakinannya kepada kekuasaan Allah swt.


Ø QS.AL-A’RAF : 180







Artinya :  
Dan Allah memiliki Asma’ul husna (nama-nama yang terbaik),maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asma’ul Husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-namaNya.Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.(Qs.Al-A’raf : 180)

Ø QS.AN-NAHL : 60







Artinya:
Bagi orang-orang yang tidak beriman pada (kehidupan) akhirat,(mempunyai) sifat yang buruk,dan Allah mempunyai sifat yang maha tinggi,dan dia maha perkasa,maha bijaksana.











STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

6.Membiasakan perilaku terpuji (taubat)

KOMPETENSI DASAR

Menunjukkan pengertian dan pentingnya bertaubat

MATERI
Bertaubat

Ø  Taubat menurut bahasa artinya kembali. Menurut istilah ialah kembali mendekat kepada Allah setelah menjauh darinya. Singkatnya bahwa bertaubat adalah kembalinya seorang hamba dari kemaksiatan menuju ketaatan kepada Allah swt. Dengan mengerjakan apa yang diperintahkan dan menjauhi apa yang dibenci-Nya.



MATERI METODOLOGI STUDI ISLAM (MSI)


 MATERI METODOLOGI STUDI ISLAM (MSI)


PEMBAHASAN
PARADIGMA ILMU-ILMU ISLAMI


            Istilah paradigma pertama kali diperkenalkan oleh Thomas Kuhn (1962). Paradigma dapat didefinisikan sebagai kerangka konseptual atau model yang dengannya seorang ilmuwan bekerja (a conceptual framework or model within which a scientist works). Ia adalah seperangkat asumsi-asumsi dasar yang menggariskan semesta partikular dari penemuan ilmiah, menspesifikasi beragam konsep-konsep yang dapat dianggap absah maupun metode-metode yang dipergunakan untuk mengumpulkan dan menginterpretasikan data. Tegasnya setiap keputusan tentang apa yang menyusun data atau observasi ilmiah dibuat dalam bangun suatu paradigma.
            paradigma adalah cara masing-masing orang memandang dunia, yang belum tentu cocok dengan kenyataan. Paradigma adalah petanya, bukan wilayahnya. Paradigma adalah lensa kita, lewat mana kita lihat segalanya, yang terbentuk oleh cara kita dibesarkan, pengalaman, serta pilihan-pilihan
            Robert Friedrichs, yang mempopulerkan istilah paradigma (1970), berpendapat, paradigma sebagai suatu pandangan yang mendasar dari suatu disiplin ilmu tentang apa yang menjadi pokok persoalan yang semestinya dipelajari. Pengertian lain dikemukakan oleh George Ritzer (1980), dengan menyatukan paradigma sebagai pandangan yang mendasar dari para ilmuwan tentang apa yang menjadi pokok persoalan yang semestinya dipelajari oleh salahsatu cabang/disiplin ilmu pengetahuan.
             Fungsi paradigma ini pada dasarnya untuk membangun perspektif Islam dalam rangka memahami realitas Ilmu Pendidikan. Tentunya hal ini harus ditopang oleh konstruksi pengetahuan yang menempatkan wahyu sebagai sumber utamanya, yang pada gilirannya terbentuk struktur transendental sebagai referensi untuk menafsirkan realitas pendidikan. 
            Ilmu adalah hasil pelaksanaan perintah tuhan untuk memperhatikan dan memahami alam raya ciptaan-Nya, sebagai manifestasi atau penyikapan tabir atas rahasia-Nya. Garis argumen ini dijelaskan oleh Ibnu Rusyd,seorang filosof muslim.
            Dalam bahasa arab, kata ‘ilmu’ satu akar kata dengan kata alam (bendera atau lambang), alamah (alamat atau pertanda), dan alam (jagad raya, univers). Ketiga perkataan ini : alam,alamah dan alam, mewakili gejala yang harus di ketahui menjadi objek pengetahuan.
            Islam adalah agama yang kita anut dan dianut milyaran manusia di seluruh dunia, merupakan way of life yang menjamin kebahagiaan hidup pemeluknya di dunia dan di akhirat kelak. Ia mempunyai satu sendi utama yang esensial: Berfungsi memberi petunjuk ke jalan yang sebaik-baiknya.


 Allah berfirman :
 Sesungguhnya Al-Qur’an ini memberi petunjuk menuju jalan yang sebaik-baiknya.” (QS. 17:9).
            Islam adalah urusan yang sederhana. Islam bertujuan menciptakan “perdamaian” melalui kepasrahan kepada “kehendak Illahi” inilah hakikat makna Islam. Tujuan ini dicapai melalui keimanan kepada Allah Yang Maha Esa dan mengakui kerasulan Muhammad Saw yang diikrarkan melalui dua kalimah Syahadat. Aspek-aspek ritual keimanan, yang kita kenal dengan Rukun Iman dikemas dalam ibadah-ibadah pokok yang dikenal sebagai Rukun Islam.
            Paradigma Islam, yaitu paradigma yang memandang bahwa agama adalah dasar dan pengatur kehidupan. Aqidah Islam menjadi basis dari segala ilmu pengetahuan. Aqidah Islam yang terwujud dalam apa-apa yang ada dalam al-Qur`an dan al-Hadits menjadi qa’idah fikriyah (landasan pemikiran), yaitu suatu asas yang di atasnya dibangun seluruh bangunan pemikiran dan ilmu pengetahuan manusia. Paradigma ini memerintahkan manusia untuk membangun segala pemikirannya berdasarkan Aqidah Islam, bukan lepas dari aqidah itu.
Ini bisa kita pahami dari ayat yang pertama kali turun:
Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan.” (Qs. al-‘Alaq [96]: 1).
            Ayat ini berarti manusia telah diperintahkan untuk membaca guna memperoleh berbagai pemikiran dan pemahaman. Tetapi segala pemikirannya itu tidak boleh lepas dari Aqidah Islam, karena iqra` haruslah dengan bismi rabbika, yaitu tetap berdasarkan iman kepada Allah, yang merupakan asas Aqidah Islam (Al-Qashash, 1995: 81).
            Paradigma Islam ini menyatakan bahwa, kata putus dalam ilmu pengetahuan bukan berada pada pengetahuan atau filsafat manusia yang sempit, melainkan berada pada ilmu Allah yang mencakup dan meliputi segala sesuatu (Yahya Farghal, 1994: 117).
Firman Allah SWT:
Dan adalah (pengetahuan) Allah Maha Meliputi segala sesuatu.” (Qs. an-Nisaa` [4]: 126).
Dan sesungguhnya Allah, ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu.” (Qs. ath-Thalaq [65]: 12).
           


            Itulah paradigma yang dibawa Rasulullah Saw (w. 632 M) yang meletakkan Aqidah Islam yang berasas Laa ilaaha illallah Muhammad Rasulullah sebagai asas ilmu pengetahuan. Beliau mengajak memeluk Aqidah Islam lebih dulu, lalu setelah itu menjadikan aqidah tersebut sebagai pondasi dan standar bagi berbagai pengetahun. Ini dapat ditunjukkan misalnya dari suatu peristiwa ketika di masa Rasulullah Saw terjadi gerhana matahari, yang bertepatan dengan wafatnya putra beliau (Ibrahim). Orang-orang berkata, “Gerhana matahari ini terjadi karena meninggalnya Ibrahim.
Maka Rasulullah Saw segera menjelaskan:
Sesungguhnya gerhana matahari dan bulan tidak terjadi karena kematian atau kelahiran seseorang, akan tetapi keduanya termasuk tanda-tanda kekuasaan Allah. Dengannya Allah memperingatkan hamba-hamba-Nya…” [HR. al-Bukhari dan an-Nasa`i] (Al-Baghdadi, 1996: 10).
            Dengan jelas kita tahu bahwa Rasulullah Saw telah meletakkan Aqidah Islam sebagai dasar ilmu pengetahuan, sebab beliau menjelaskan, bahwa fenomena alam adalah tanda keberadaan dan kekuasaan Allah, tidak ada hubungannya dengan nasib seseorang. Hal ini sesuai dengan aqidah muslim yang tertera dalam al-Qur`an:
Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang berakal.” (Qs. Ali ‘Imran [3]: 190).
            Inilah paradigma Islam yang menjadikan Aqidah Islam sebagai dasar segala pengetahuan seorang muslim. Paradigma inilah yang telah mencetak muslim-muslim yang taat dan shaleh tapi sekaligus cerdas dalam iptek. Itulah hasil dan prestasi cemerlang dari paradigma Islam ini yang dapat dilihat pada masa kejayaan iptek Dunia Islam antara tahun 700 – 1400 M. Pada masa inilah dikenal nama Jabir bin Hayyan (w. 721) sebagai ahli kimia termasyhur, Al-Khawarzmi (w. 780) sebagai ahli matematika dan astronomi, Al-Battani (w. 858) sebagai ahli astronomi dan matematika, Al-Razi (w. 884) sebagai pakar kedokteran, ophtalmologi, dan kimia, Tsabit bin Qurrah (w. 908) sebagai ahli kedokteran dan teknik, dan masih banyak lagi (Tentang kejayaan iptek Dunia Islam lihat misalnya M. Natsir Arsyad, 1992; Hossein Bahreisj, 1995; Ahmed dkk, 1999; Eugene A. Myers 2003; A. Zahoor, 2003; Gunadi dan Shoelhi, 2003).
            Islam yang memiliki sifat universal dan kosmopolit tak terbantahkan untuk bisa merambah ke ranah kehidupan apa pun, termasuk dalam ranah pendidikan. Ketika Islam dijadikan Paradigma Ilmu Pendidikan paling tidak berpijak pada tiga alasan:
1. Ilmu Pendidikan sebagai ilmu humaniora tergolong ilmu normatif, karena ia terkait oleh norma-norma tertentu. Pada taraf ini, nilai-nilai Islam sangat berkompeten untuk dijadikan norma dalam Ilmu Pendidikan.


2. Alasan kedua adalah, dalam menganalisis masalah pendidikan, para ahli selama ini cenderung mengambil teori-teori dan falsafah Pendidikan Barat. Falsafah Pendidikan Barat lebih bercorak sekuler yang memisahkan berbagai dimensi kehidupan. Sedangkan masyarakat Indonesia lebih bersifat religius. Atas dasar itu, nilai-nilai ideal Islam sangat memungkinkan untuk dijadikan acuan dalam mengkaji fenomena kependidikan.
3. Alasan ketiga adalah dengan menjadikan Islam sebagai Paradigma , maka keberadaan Ilmu Pendidikan memiliki ruh yang dapat menggerakkan kehidupan spiritual dan kehidupan yang hakiki. Tanpa ruh ini berarti pendidikan telah kehilangan ideologinya.
            Tak terbantahkan lagi bahwa Islam adalah agama yang Par excellent, sempurna. Segala aspek kehidupan manusia di atur di dalamnya. Tak terkecuali masalah pendidikan. Pendidikan di dalam Islam, diarahkan untuk memanusiakan manusia, dengan bahasa lain untuk mengembalikan manusia kepada fitrahnya. Manusia adalah makhluk yang taat, tunduk patuh kepada aturan, selalu condong kepada kebenaran.Maka jelas di sini bahwa ketika Islam dijadikan paradigm Ilmu Pendidikan, produk dari pendidikan itu sendiri akan sesuai dengan nilai-nilai Islam.
            Paradigma ini sekaligus merupakan jawaban terhadapa dikotomi ilmu agama dan ilmu nonagama. Pada dasarnya, ilmu-ilmu tersebut hanya dapat di bedakan untuk kepentingan analisis, bukan untuk dipisahkan apalagi di pertentangkan. Dalam sejarah, tercatat ulama yang mendalami agama dapat menjadi filosof dan dokter, seperti Ibnu sina, Atas dasar paradigma tersebut.